May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Apakah Rayap Berbahaya Bagi Manusia

Rayap merupakan hama yang menyerang kayu karena kayu sebagai bahan makanan dan bahan pembuat sarang koloni bagi rayap. Rayap sangat berbahaya dan merugikan karena dapat menghabisi dan membuat lubang pada kayu yang biasa kita gunakan untuk kusen atau lainnya. Rayap memiliki kandungan selulosa yang berguna untuk mencerna dan mengolah kayu. Karena inilah rayap dapat memakan dan melubangi kayu anda. Perilaku dari rayap itu sendiri berbahaya bagi manusia ketika musim hujan tiba atau kondisi lingkungan dekat kayu anda yang lembab akan mendi sarang utama penyerangan hama rayap ini.

Agar Rayap Tidak Berbahaya Bagi Manusia

Ada beberapa cara agar hama rayap ini tidak berbahaya bagi manusia dan merugikan kita. Anda hanya perlu membunuh koloni rayap atau setidaknya mengusirnya. Ada beberapa cara agar rayap pergi atau mati yaitu dengan menggunakan bahan kimia dan bahan alami. Bahan kimia yang digunakan yang nantinya sebagai racun pembunuh rayap dengan umpan rayap bubuk kayu atau tisu yang berfungsi sebagai obat anti rayap. Cara membuatnya pun juga sederhana, yaitu ambil bubuk kayu atau tisu dan semprotkan bahan kimia pembunuh rayap. Tempatkan umpan rayap tersebut di dekat sarang atau dekat kayu yang terdapat rayapnya. Dalam sehari bubuk kayu tersebut akan dimakan rayap dan nantinya rayap kan mati.

Perilaku rayap yang membagi makanannya dengan rayap lain inilah yang memudahkan kita untuk membunuh satu koloninya. rayap memakan racun tersebut dan berbagi dengan rayap lain, efeknya dalam beberapa jam setelah rayap menelan racun tersebut akan segera mati. Ada juga cara untuk mengusir rayap agar rayap tidak berbahaya bagi manusia dengan bahan alami, gunakan air garam atau air rendaman tembakau dan semprotkan ke daerah yang terdapat rayapnya. Dijamin rayap akan segera pergi dalam semalam. Selain itu anda bisa menggunakan kapur sirih yang dicampur dengan sedikit air. Air kapur sirih ini bersifat panas sehingga kulit tipis pada rayap tidak mampu untuk menahannya sehingga rayap menjadi kabur.

Beberapa cara diatas adalah tips agar rayap tidak berbahaya bagi manusia karena dampaknya. Masih banyak cara lain yang bisa anda lakukan agar terhindar dari hama satu ini.

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis