May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Mengenal Lampu Solar Taman yang Paktis dan Hemat Energi

(sumber gambar: Pabrik lampu)

Lampu solar adalah sebuah lampu yang menggunakan tenaga matahari yang terdiri dari lampu LED, sebuah panel surya fotovoltaik, dan sebuah baterai isi ulang. lampu tenaga surya memang tidak terlalu terang dibandingkan lampu yang menggunakan tenaga listrik. Lampu ini relatif murah,mudah dipasang dan hemat energi.

Saat ini ada banyak lampu tenaga surya yang di jual dipasaran, salah satu nya adalah lampu solar taman yang didesain khusus untuk dipasang di taman yang fungsinya selain untuk penerangan pada malam hari juga sebagai pelengkap dekoratif atau estetika pada malam dan siang hari di lokasi yang dipasangnya, seperti di taman, kebun bunga, kolam renang, kolam ikan, dll. Lampu taman tenaga surya ini bekerja otomatis, yaitu saat sore hari menjelang gelap lampu ini akan hidup sendiri, dan pada saat pagi hari menjelang terang lampu akan mati, sangat praktis digunakan.

Keuntungan menggunakan lampu taman solar ini adalah hemat energi. Anda tidak perlu lagi bergantung pada listrik dari PLN untuk menerangi taman. Meskipun harga jual solar cell agak tinggi, tapi dalam jangka panjang akan dapat membantu Anda mengurangi beban penggunaan listrik. Semua komponen lampu taman tenaga solar ini seperti lampu LED, baterai, panel solar, sensor cahaya , switch, dll, ditempatkan dalam satu tempat pada lampu tersebut namun tidak mempengaruhi ukuran dari lampu taman ini.

Harga yang ditawarkan untuk sebuah lampu solar cell cukup bervariasi. Hal ini biasanya ditentukan oleh berapa banyak lampu yang digunakan. Apabila lampu taman yang memerlukan listrik dari solar cell tersebut banyak, maka wajar saja apabila solar cell ditawarkan dengan harga yang terbilang tidak murah. Selain solar cell dan lampu taman, Anda juga memerlukan baterai untuk menyimpan daya yang dihasilkan oleh solar panel ketika siang hari.

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis