May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Spesifikasi Dan Fitur Unggulan Samsung Galaxy A8

Samsung Galaxy A8 adalah seri terbaru dari Samsung Galaxy A Series. Ciri khas dari seri Galaxy A adalah frame metal yang dipakai. Frame metal ini sangat tipis sehingga nampak sangat elegan. Meski masih selevel dibawah seri premium Galaxy S series, Galaxy A juga memiliki spesifikasi premium. Rasanya seri Galaxy A ini cocok bagi pengguna kalangan menengah yang ingin merasakan sensasi smartphone dengan fitur canggih namun dengan harga yang masih terjangkau.

Samsung Galaxy A8 tampil dengan layar 5,5 inchi dengan resolusi Full HD. Sisi layar diproteksi Corning Gorilla Glass 4 terbaru dari Corning. Ketebalan desain ponsel lebih tipis dibandingkan Samsung Galaxy A7.  Bodi tipis berframe logam inilah yang membuat smartphone Samsung tampil premium dan elegan. Panel layar yang dipakai bertipe Super AMOLED touchscreen dengan 16 juta warna, merupakan panel layar terbaik saat ini yang tidak hanya dipakai oleh Samsung tapi juga oleh pabrikan besar lain.

Samsung Galaxy A8 merupakan perpaduan piranti lunak dan keras yang handal. Sistem operasi yang dipakai adalah Android OS versi terbaru v5.1 (Lollipop). Teknologi chipset menggunakan chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 Processor Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex-A53 dan didukung prosesor pengolahan grafis Adreno 405. Super keren pokoknya.

Untuk kamera, Samsung Galaxy A8 dibekali dua lensa kamera masing-masing di depan dan belakang. Sisi belakang yang merupakan kamera utama memiliki ukuran 15 MP dengan resolusi 5312 x 2988 pixels, autofocus, LED flash. Video perekaman mampu menghasilkan video dengan kualitas HD 1080p@30fps. Sementara itu kamera depannya adalah lensa ukuran 5 MP, 1080p sudah sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan selfie dan video call. Lebih lengkapnya berikut ini review Samsung Galaxy A8

Kelebihan Samsung Galaxy A8

  1. Desain tipis:  Dengan dimensi 158 x 76.8 x 5.9 mm, Galaxy A8 merupakan salah satu smartphone tertipis buatan samsung. Perpaduan bahan alumunium alloy di mana desain tanpa bezzel dipasang membuat kesan mewah dan premium semakin kentara.
  2. Jaringan 4GLTE: Samsung Galaxy A8 support 4G LTE sehingga konekrtivitas internet supercepat bisa diberikan. Unggah, unduh gambar atau video serta live streaming menjadi lebih mudah dan cepat.
  3. Dual Simcard: Dual SIM standby akan sangat menolong pengguna yang terbiasa menggunakan lebih dari satu kartu dalam satu ponsel.
  4. Layar 5,.7 inci Super AMOLED Full HD. Layar ini memberi tampilan warna gamabr tajam, cerah dengan kontras yang bagus sekalipun di bawah sinar matahari langsung. Selain itu pula layar ini sangat responsif pada sentuhan jari. Ukuran layar 5,7 inci sangat menyenangkan bagi pengguna yang menyukai tayangan youtube ataupun game.
  5. Lapisan Corning Gorilla: lapisan ini memberikan p;erlndugnans empurna dan dikalim memiliki kekuatan terhadap goresan hingga 3 kali lipat daripada generasi sebelumnya.
  6. OS Android Lollipop: OS ini memberikan stabilitas pada operasi yang dijalankan dalam ponsel.
  7. Kamera depan 5 MP sangat memuaskan bagi para pecinta selfie.
  8. Konektivitas lengkap
  9. Fingerprint Scanner yang melindungi ponsel dari akses oleh orang-orang yang tak bertanggungjawab.
  10. Baterai 3050 mAh cukup untuk membuat pengguna menonton video atau bermain game tanpa perlu sering-sering mencharger HP.

Kekurangan

  1. Bodi lumayan besar
  2. Tidak disertai LED notifikasi
  3. Baterai non removable alias tidak bisa dilepas

 

Layar 5,5 Inchi dengan Panel Super AMOLED

Ini bisa disebut sebagai salah satu keunggulan Samsung Galaxy A8. Tampilan displaynya dirancang dari teknologi panel termutakhir bernama Super AMODELEDyang lebih bagus daripada TFT dan IPS LCD. Layar bentang 5,5 Inchi membuat smartphone ini tergolong dalam phablet market. Resolusinya cukup besar Full HD 1080 x 1920 pixels (~401 ppi kerapatan piksel density). Kerapatan piksel yang tinggi menjamin tampilan ponsel yang lebih natural dan tajam.

Mendukung Fitur Koneksi 4G LTE

Konektivitas dalam Samsung Galaxy A8 menyertakan teknologi koneksi data 4G LTE terbaru. Inilah rahasia kecepatan super cepat untuk streaming, unduh dan unggah yang menjadikan aktivitas berinternet jauh lebih menyenangkan. Saat ini provider selular di Indonesia sudah mulai memasarakan koneksi internet 4G LTE. Untuk GSM yang memasang teknologi ini antara lain Telkomsel, Indosat dan XL. Sedangkan CDMA antara lain Smartfren dan Bolt.

Memori Internal 16 GB, RAM 2GB

Media penyimpanan Samsung Galaxy A8 dilengkapi dengan memori tnernal berkapasitas 16GB, cukup besar untuk menjalankan aplikasi-aplikasi di dalamnya. Sementara RAM 2Gb menyokong performa yang sangat bagus karena mampu menampung file operasi ponsel. Logikanya, semakin besar RAM semakin banyak operasi yang mampu dijalankan. Jika jumlah operasi yang dijalankan lebih kecil daripada kapasitas RAM tentu saja performanya akan sangat mulus.

Prosesor Handal, Octacore Lollipop

Samsung Galaxy A8 dibekali dengan operation system berbasis Android di mana Samsung memasang tipe Android OS v 5.1 (Lollipop). Versi ini memberi fitur security langsung dari Google. Juga, fitur ini memungkinkan pengguna terintegrasi langsung dengan produk-produk milik Google.

Pada sisi hardware atau perangkat keras, Samsung Galaxy A8 menggunakan chipset berteknologi Qualcomm. Seri chipset yang dipakai adalah Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615. Chipset tangguh membuat ponsel bekerja optimal dalam melakukan beberapa fungsi sekaligus. Mesin ini didukung prosesor Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex-A53. Juga, prosesor grafis dari Adreno 405 membuat kebutuhan multimedia / game terpenuhi.

Dual Kamera, Lensa Depan-Belakang yang Besar

Fitur yang sangat menarik dari Samsung Galaxy A8 adalah kameranya. Smartphone seri A teranyar ini berbekal dua kamera berlensa besar pada kedua sisinya. Sisi belakang mengusung kamera berukuran16 MP dengan resolusi gambar 5312 x 2988 pixels, sehingga mampu menghadirkan kualitas yang bagus saat memotret. Fitur kamera yang diusung antara lain LED Flash, autofocus, Geo-tagging , touch focus, panorama, HDR dan face detection.

Untuk perekaman video ponsel ini bisa menghasilkan video berkualitas HD 1080p@30fps jadi sangat cocok untuk membuat merekam video yang bagus. Selain itu, fitur perekaman videonya mampu menghasilkan video dengan kualitas HD 1080p.

Demikian tadi ulasan singkat mengenai Samsung Galaxy A8 dan sepertinya seri A8 ini merupakan seri puncak dari Galaxy A series. Meski dibandrol dengan harga yang relatif mahal fitur dan performa yang ditawarkan rasanya sebanding dan lagi pula harga jual kembali produk-produk Samsung masih cukup tinggi.

sumber: http://www.infohpsamsung.com

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis