May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Bisnis Dengan Software Pendukung

Sebagai pengusaha pasti akan senang jika usaha yang dirintis mengalami perkembangan. Dengan banyaknya transaksi yang ada, Anda juga jangan lupa untuk memperbaik system perusahaan. Jangan sampai kehabisan stock barang yang menjadikan perusahaan Anda berkembang. Kalau hal ini sampai terjadi Anda harus bersiap-siap untuk kehilangan pelanggan.

Pelanggan saat ini menuntut pelayanan yang cepat, barang berkualitas dan barang ready. Oleh karena itu stock barang hal yang krusial di era bisnis saat ini. Apalagi dengan persaingan bisnis yang semakin hari semakin banyak. Ini mengharuskan Anda bergerak cepat dalam segala hal. Masalah stock barang bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu Anda harus memiliki senjanta pamungkas.

Agar Anda tidak kehabisan stock dan bingung barang apa saja yang sudah saatnya diorder ke vendor. Saya akan memberikan beberapa tips untuk memecahkan hal tersebut.

Baca: Software Akuntansi Murah

1. Anda Harus Update Stock

Update stock barang setiap hari memang akan menyita waktu Anda. Namun dengan melakukan hal ini akan sangat membantu Anda mengetahui posisi stock terkini. Dengan begitu mudah bagi Anda untuk menentukan barang apa saja yang sudah saatnya diorder ke vendor.

2. Memantau PO

Anda juga harus memantau PO yang sudah dikirimkan ke Vendor. Kapan barang yang di pesan akan dikirimkan. Apakah sesuai dengan jumlah yang Anda minta atau tidak. Hal ini gunanya agar bisa mengetahui berapa lama barang dikirim setelah PO diterbitkan.

3. Cek barang terlaris

Buatlah daftar list barang apa saja yang terlaris, dan jangan lupa cek arus keluar masuknya barang. Sehingga Anda dapat mengestimasikan berapa lama stock Anda akan habis. Agar Anda dapat segera menerbitkan PO ke vendor sebelum stock benar-benar habis.

Ke 3 hal diatas akan sangat menyita waktu Anda jika semua itu dilakukan secara manual. Apa lagi jika sampai lupa untuk mencatat atau mungkin salah hitunganya. Celakanya lagi jika PO yang diterbitkan terselip. Tentunya ini merupakan hal yang sangat merugikan Anda.

Mungkin jika barang Anda hanya sedikit ini tidak akan terlalu menjadi masalah, namun jika sudah ribuan bahkan ratusan ribu. Bisa Anda bayangkan sendiri bagaimana repotnya bukan? Lalu bagaimana agar hal ini tidak menjadi masalah pada bisnis Anda.

Jika stock barang Anda sudah ribuan, Anda bisa menggunakan software yang dapat membantu pekerjaan. Agar usaha yang Anda jalankan mudah dikontrol dan semakin berkembang. Namun, ingat saat Anda memilih software. Pastikan software yang Anda pilih telah mengakomodir dalam pencatatan stock yang baik, reminder stock yang menipis secara otomatis, dan dapat menampilkan daftar barang apa yang terlaris.

Jika ada yang ingin Anda tambahkan selain hal di atas atau mungkin masukan untuk artikel ini. Silahkan isi koment dibawah.

Menarik Untuk Di Baca: perhitungan gaji karyawan

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis