May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Kelebihan beternak burung puyuh

Burung puyuh mempunyai bentuk tubuh bulat dan mungil , burung ini mempunyai kualitas bertelur yang cukup bagus di jadi kan bisnis . telur dari burung puyuh tersebut bisa di makan, dan bagus untuk pertumbuhan . adapun manfaat dari burung puyuh ini:

  1. telur puyuh

orang beternak puyuh, pasti yang diharapkan paling utama adalah telurnya karena telur ini yang menjadi penghasil utama dari  peternakan puyuh. apalagi sekarang pasaran telur puyuh sedang berkembang dan menjadi mode. selain orang mempergunakan untuk obat-obatan tradisional, juga banyak masakan modern yang mulai mempergunakan telur puyuh misalnya bakso telur puyuh, sambel goreng telur puyuh, sop telur puyuh dan lain-lain.

  1. daging puyuh

daging burung puyuh adalah menu yang gurih dan tak kalah enaknya bila dibandingkan dengan unggas-unggas lainnya. cara pemasakannya pun tidak susah. biasanya hanya cukup dikupas kulitnya hingga semua bulu-bulunya ikut terkupas dan diberi bumbu untuk digoreng. daging burung puyuh biasanya diambilkan dari burung-burung puyuh yang berkelamin jantan, sebab burung puyuh jantan hanya akan menghabiskan makanan saja dan tentu saja itu berarti memperbesar ongkos pemeliharaan. hasil memelihara puyuh boleh dikatakan tidak ada hasilnya sama sekali, kecuali hanya untuk pejantan saja. ini pun hanya memerlukan sedikit. baca juga: suara burung cucak ijo

      3. kotoran puyuh

kotoran puyuh ini tidak menyengat baunya, maka setiap harinya bisa diambil dan disimpan untuk dikumpulkan. dari kumpulan kotoran itulah nantinya bisa dibuat rabuk atau pupuk yang baik untuk tanaman sayuran atau bunga-bungaan.

  1. sebagai tabungan

selain telur, daging, dan kotorannya, maka puyuh bisa digolongkan sebagai tabungan dari pemeliharaannya, apabila kita telah menetaskan dan mempunyai beberapa ribu ekor puyuh yang remaja dan siap bertelur, biasanya bibit-bibit babon (induk) ini sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang ingin memulai beternak puyuh. dengan demikian kita akan dapat menjualnya, dan jangan lupa harganya pun cukup mahal. bukankah ini merupakan tabungan yang sangat baik? sewaktu waktu kita perlu uang, maka peternakan ini pun dapat dijadikan jaminan kepada bank untuk mendapatkan pinjaman

Nah banyak sekali manfaat nya beternak burung puyuh ini ya, ayo di coba !!!

sumber: cara merawat burung cucak ijo

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis