May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Lezatnya Menikmati Kuliner Laut di Pantai Depok

Di Bantul, Jogja terdapat sebuah pantai yang dianggap sebagai surganya makanan olahan laut yaitu Pantai Depok. Pantai ini merupakan tempat yang pantas menyandang gelar sebagai pusat kuliner laut di Jogja. Pantai ini selalu menjadi pilihan utama bagi para wisatawan baik lokal maupun dari luar kota untuk menikmati makanan olahan dari laut. Dari banyaknya pantai yang ada di Kabupaten Bantul hanya Pantai Depok yang di rancang dan dimanfaatkan sebagai pusat kuliner makanan laut oleh pemerintah setempat untuk paket wisata jogja yang menawan.

Karena lokasinya yang berdekatan dengan Pantai Parangtritis banyak para wisatawan yang menyempatkan diri untuk singgah ke tempat ini dan menyantap makanan hidangan ikan laut oleh karena itu Pantai Depok selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik di hari biasa maupun di hari libur. Berbagai macam pilihan makanan dan suasananya yang nyaman dan asik menjadi nilai tambah dari pantai ini. Di pantai ini wisatawan bisa memilih sendiri ikan laut segar yang disajikan oleh para pedagang. Ikan yang sudah dipesan kemudian akan diolah dan disajikan kepada para wisatawan yang telah dengan sabar menanti makanan matang. Berbagai macam hidangan sea food dapat dirasakan dan yang paling populer dan dianggap murah adalah hidangan ikan cakalang. Jenis ikan lain yang bisa dinikmati adalah kakap putih dan kakap merah. Ikan bawal juga tersedia di tempat ini dengan harga yang tentu saja cukup mahal. Selain ikan, ada juga kepiting, udang dan cumi-cumi tersedia juga di sini.

Warung yang berada di pantai ini mengusung konsep lesehan sehingga pengunjung dapat duduk bersantai atau tiduran di dalam warung sekaligus menikmati angin pantai sembari menanti pesanan mereka matang. Semua warung menghadap menghadap ke lautan lepas sehingga pengunjung bisa menyaksikan keindahan pantai dan debur ombak sembari menyantap hidangan yang tentu saja sangat lezat. Setelah selesai menikmati makanan sea food yang mereka pesan, wisatawan bisa bersantai di dalam warung atau bisa juga berjalan santai menyusuri bibir pantai sambil menikmati deburan ombak samudera dan juga semilir angin sepoi-sepoi. Bisa juga bermain-main di dekat kapal nelayan, berfoto-foto sambil melihat para nelayan sibuk bekerja sebelum melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya.

Lokasi:

Pantai Depok berada di Jalan Parangtritis, Lecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini masih satu kawasan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo.

Harga Tiket Masuk:

Harga tiket masuknya kawasan Pantai Depok sebesar Rp. 5.000,- per orang. Tarif tersebut sudah termasuk masuk kawasan Parangtritis dan sekitarnya.

Tip Wisata:

  1. Gunakan pakaian yang nyaman.
  2. Pakailah alas kaki yang nyaman.
  3. Pakai penutup kepala.
  4. Bawalah air mineral.
  5. Bawa baju ganti jika ingin basah-basahan.
  6. Jaga kebersihan.

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis