May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Prediksi Jadwal Penerimaan CPNS Tahun 2017 Sudah Hampir Bisa Dipastikan

CPNS 2017/2018 – Pendaftaran CPNS 2017 pastinya sudah banyak dinantikan oleh sebagian besar warga negera Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Namun pernyataan resmi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yakni Asman Abnur dapat memberikan angin segar. Asman menegaskan bahwa fokusnya saat ini adalah untuk menata kembali pegawai pada daerah yang memiliki dana belanja pegawai besar atau daerah yang memiliki kapasitas berlebih. Pernyataan Menpan RB tersebut mengisyaratkan bahwa penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahun ini akan segera dilaksanakan.

Jadwal CPNS

Bidang Ilmu Apa Saja Yang Menjadi Fokus Dalam Penerimaan CPNS Tahun 2017 Ini

Bidang ilmu yang akan diprioritaskan atau banyak dibutuhkan dalam pendaftaran CPNS 2017 sudah dapat diketahui. Hal ini dapat dilihat dari program Nawacita yang dijalankan oleh Presiden Joko Widodo beserta jajaran pemerintahannya. Presiden Joko Widodo dalam Nawacitanya sangat konsen pada bidang yang berkaitan dengan Kesehatan, Pendidikan, dan Pertanian. Tentu saja bidang-bidang lainnya juga penting, namun ketiga Bidang Ilmu tersebut akan menjadi prioritas yang lebih dibanding dengan bidang ilmu yang lain khususnya pada perekrutan Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2017/2018 Untuk itu, bagi yang berkompeten dalam ketiga bidang ilmu tersebut hendaknya mempersiapkan diri sedini mungkin untuk menghadapi tes seleksi masuk yang nampaknya masih memiliki tahapan yang sama dengan perekrutan sebelumnya.

Jadwal Dan Pelaksanaan Penerimaan CPNS 2017/2018

Di bulan ketiga tahun 2017, proses penerimaan calon pegawai negeri sipil atau aparatur sipil negara semakin dinantikan. Jika diamati dalam kurun waktu tiga tahun ke belakang, pemerintah tidak melakukan perekrutan CPNS/ASN untuk mengisi kekosongan pegawai pada masing-masing instansi pemerintahan. Hingga saat ini berita CPNS 2017 sudah mulai diproklamirkan secara resmi. Dapat diketahui juga jika telah dilaksanakan beberapa kali rapat internal oleh kementrian terkait dan DPR RI untuk membahas Undang-Undang ASN yang dirasa perlu dibenahi atau direvisi. Untuk jadwal pendaftaran CPNS 2017 dan berbagai informasi secara lengkap dan mendetail dapat selalu diakses melalui website-website resmi pemerintah melalui lembaga yang sudah ditunjuk yakni Panselnas.id atau SSCN BKN. Berbagai formasi dan juga kuota untuk masing-masing daerah juga akan diberikan informasi secara valid dan resmi melalui website tersebut. Pendaftaran CPNS 2017 kemungkinan besar akan dibuka pada pertengahan tahun 2017 yakni pada bulan Mei atau bulan Juni. Untuk itu, persiapkan diri semaksimal mungkin agar dapat lolos dari seluruh tahapan seleksi perekrutan CPNS. Tak dapat dipungkiri bawah setiap ada prosesi perekrutan ASN atau CPNS, jumlah pendaftara akan sangat banyak. Bahkan terkadang rasio antara yang diterima dengan yang mendaftar bisa melebihi 1:200

Metode Tes Untuk Perekrutan CPNS 2017

Seperti yang dijelaskan diatas, syarat dan ketentuan pendaftaran penerimaan CPNS 2017, informasinya dapat dilihat melalui website resmi yang telah disediakan yaitu www.panselnas.id. Untuk tahap pendaftaran sendiri dilakukan secara online dan dilanjutkan dengan tahapan offline untuk formasi masing-masing daerah di seluruh wilayah Indonesia. Mengenai proses yang akan dilaksanakan adalah SKD atau seleksi kompetensi dasar dengan menggunakan sistem CAT (computer assisted test) yang dibuat oleh Kementerian/Lembaga penyelenggara masing-masing, diawali dengan mendaftar di portal resmi Panselnas.

1. Melakukan registrasi pendaftaran online melalui situs resmi panselnas.id

2. Mengisi formulir registrasi menurut prosedur yang telah ditetapkan.

3. Setelah pengisian formulir lalu kemudian mencetaknya berupa print out guna kepertuan tes

Demikianlah beberapa informasi tentang CPNS 2017. Kuncinya adalah persiapan diri yang matang agar tidak menemui kendala yang berarti. Semoga cita-cita yang tulus ingin mengabdikan diri pada Negara melalui CPNS 2017 ini, mimpinya menjadi kenyataan.

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis