May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Gamis Ahwat Masa Kini

Gamis merupakan pakaian yang memiliki ciri khas tersendiri yaitu memiliki ukuran panjang menjuntai sampai bawah bahkan dapat juga melebihi mata kaki. Gamis identik dengan busana muslim. Gamis dibedakan menjadi dua yaitu gamis untuk laki-laki atau yang dikenal dengan gamis ikhwan dan gamis untuk muslimah yaitu gamis ahwat.

Berbeda dengan gamis untuk laki-laki yang hanya sampai batas mata kaki, maka gamis ahwat dibuat model melebihi mata kaki, hal ini sesuai dengan syariat islam. Selain itu, busana muslim wanita yang satu ini berukuran lebar atau longgar, tidak transparan sehingga tidak menampakkan aurat tubuh.

Adapun model gamis ahwat yang saat ini semakin banyak peminatnya, telah terdiri dari beragam variasi model. Baik model kerah, hiasan manset lengan, ataupun juga model gamis itu sendiri. Untuk kerah, gamis ahwat masa kini banyak yang menggunakan kerah tegak atau bahkan tanpa kerah. Model kancingnya pun banyak yang menggunakan resleting di bagian depan, sehingga memudahkan dalam pemakaiannya.

Untuk manset lengannya banyak sekali macamnya di antaranya dengan kancing, atau kerut, atau juga merupakan kombinasi dari kerut dan kancing. Gamis ahwat masa kini tidak hanya dibuat dengan warna satu kain yang monoton, tetapi saat ini juga telah didesain dengan perpaduan warna yang menarik dan terdapat hiasan atau pernak-perniknya. Busana muslim berupa gamis ahwat ini pun dapat dengan mudah didapatkan di toko-toko baju muslim, bahkan juga telah dilengkapi dengan jilbabnya. Harganya pun cukup terjangkau.

sumber: busana muslimah

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis