May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Simak! Tips Memancing Ikan Untuk Pemula dan Kail Pancingnya

kail pancing – Memancing menjadi hal yang menyenangkan untuk mengisi waktu kosong disela-sela kesibukan kita apalagi alat pancing yang kita gunakan sangat bagus. Biasanya kita dapat menggunakan beberapa joran pancing disertai dengan reel pancing yang oke biar tambah semangat. Dengan memancing kita juga bisa melatih kesabaran, sekaligus bisa menjadi olahraga karena kita membutuhkan tenaga yang tidak sedikit untuk mengangkat ikan yang terkena umpan. kail pancing yang bagus biasanya banyak dijual di tempat-tempat atau toko-toko online seperti blanja.com dan lain sebagainya. Disitus itu kita akan menjumpai berbagai alat pancing seperti joran pancing, reel pancing dan lain sebagainya untuk dijual secara online. Kail pancing yang bagus tentu tidak hanya runcing dan tajam, tapi harus kuat. Begitu pula dengan joran pancing, jangan sampai mudah patah dan reel pancing yang bagus juga memiliki gaya putar yang cepat sesuai dengan kebutuhan. Menggunakan alat pancing bisa kita coba dengan sangat mudah asal tahu triknya.

Sayangnya, banyak pemula yang ingin memancing tetapi tidak tahu harus menggunakan alat pancing yang seperti apa.

Nah, kami akan mencoba menyelesaikan masalah anda dengan berbagai tips yang telah kami kumpulkan terkait dengan joran pancing, kail pancing dan reel pancing.

Tips #1: Pilih Kail Pancing yang Sesuai

Kita mesti mengetahui cara makan ikan yang akan ditangkap sehingga kita bisa memilih kail pancing yang sesuai.

Misalnya, untuk menangkap ikan dengan cara makan “menyambar”, maka sebaiknya kita menggunakan mata kail dari jenis “Tuna Hook” atau “Big game Hook” dan tentu menggunakan joran pancing yang kuat juga.

Contoh lain, ikan yang saat memakan umpan akan diam, maka menggunakan mata kail yang mempunyai mata membengkok (circle hook).

“Circle hook” merupakan jenis kail yang diciptakan khusus untuk mengait ikan ketika umpan dimakan hanya di mulut ikan saja. nah utnuk menggunakan umpan ini, kamu harus mempunyai reel pancing yang bagus ya.

Tips #2: Joran Pancing

Pilih joran sesuai dengan spot yang ingin kita jadikan tujuan tempat memancing. Misal, kita tahu bahwa di laut terdapat ikan-ikan besar, maka joran pancing haruslah besar dan mempunyai kekuatan besar. Alat pancing yang satu ini memang sangat diperlukan untuk memancing.

Diameter blank joran umumnya sesuai dengan panjang joran. Semakin panjang maka semakin besar juga diameter pangkalnya, untuk itu pilih sesuai kebutuhan dan kenyamanan.

Tips #3: Reel Pancing

Pemilihan reel yang baik bisa meningkatkan kepuasan dalam memancing. Sayangnya kebanyakan reel pancing yang bagus mempunyai harga yang lumayan mahal.

Salah satu tips memilih alat pancing yang bagus adalah “material”nya, reel dengan material aluminium/magnesium menjadi salah satu reel yang bagus dan bisa bertahan lebih lama daripada reel biasanya, tapi tentu saja harganya pun lumayan.

Selain itu, banyak aksesoris lain yang bisa kita gunakan untuk membantu proses memancing. Diatas hanyalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan, kita juga harus memperhatikan faktor lain seperti senar, pelampung, dan stopper sebagai alat pancing lainnya.

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis