May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Cara Mencegah Penyakit Tulang Osteoporosis

Akhir-akhir banyak produk susu yang mensosialisasikan mengenai bahaya penyakit tulang seperti Osteoporosis. Bagi anda yang belum mengenal apa itu osteoporosis dapat anda simak penjelasannya berikut ini.

Salah satu penyakit tulang yang biasanya menyerang orang-orang yang sudah berusia lanjut dan para wanita. Dikarenakan setiap wanita lebih sering kekurangan nutrisi tulang dan hormon yang tidak stabil. Namun, sekarang ini penyakit osteoporosis sudah menyerang orang-orang yang masih produktif.

Osteoporosis merupakan sebuah penyakit tulang yang dapat membuat resiko tulang mengalami patah dikarenakan adanya susunan jaringan tulang yang mengalami perubahan sehingga kekuatan tulang pun menjadi menurun. Osteoporosis bisa dikatakan sebagai pengeroposan tulang.

Penyakit osteoporosis ini paling sering diderita pada wanita dan terjadi akibat faktor usia serta hormon yang sudah tidak diproduksi lagi oleh tubuh.  Sehingga, banyak orang-orang yang berusia lanjut atau manula serta perempuan yang mengidap pengeroposan tulang.

Penyakit osteoporosis dibagi menjadi dua jenis diantaranya adalah :

  1. Osteoporosis primer jenis pertama

Pengeroposan tulang untuk tipe ini berhubungan erat dengan produksi hormon dan usia perempuan dimana sedang memasuki masa menopause.

  1. Osteoporosis primer jenis kedua

Pengeroposan tulang untuk tipe kedua lebih berkaitan dengan usia dan proses penuaan sehingga tulang mengalami perubahan struktur.

Pada umumnya, penyebab osteoporosis dikarenakan kurangnya nutrisi pada tulang dan diantaranya adalah kekurangan beberapa vitamin seperti vitamin D, K dan C. Selain itu ada juga beberapa kekurangan mineral yang mengakibatkan tulang mengalami pengeroposan seperti kekurangan kalsium, magnesium, kalium dan mineral lainnya.

Cara Mencegah Osteoporosis

Cara Pencegahan agar tidak terjadinya osteoporosis adalah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi. Jenis-jenis makanan yang mengandung kalsium diantaranya seperti buah-buahan, susu, yoghurt, ikan sarden, ikan kering, keju, sayur-sayuran dan kacang-kacangan.

Selain itu, cara mencegah osteoporosis dapat juga dengan mengkonsumsi obat-obatan dan suplemen yang memiliki kandungan vitamin serta mineral untuk menguatkan tulang. Jangan lupa untuk berolahraga yang cukup secara rutin dapat mengurangi dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

Semoga beberapa hal yang sudah disampaikan diatas seperti yang dikutip dari blog omdimas dapat mencegah terjadinya osteoporosis pada tulang anda. Cobalah untuk anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan lakukan pencegahan sedini mungkin agar anda terhindar dari osteoporosis. Ingatlah! saat anda menerapkan prinsip mencegah lebih baik daripada mengobati merupakan tindakan yang bijaksana. Salam Sehat!

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis