May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Bagian Otak Dan Fungsinya Yang Wajib Kamu Ketahui

Bagian otak dan fungsinya wajib kamu ketahui, karena otak merupakan bagian terpenting pada tubuh. Otak merupakan organ yang menjadi pusat sistem syaraf yang terdiri dari 100 juta syaraf, jadi dengan adanya otak  maka dapat mengatur setiap gerakan, prilaku, hingga kerja organ di dalam tubuh. Otak sendiri memiliki volume kurang lebih 1.350 cc, karena itu penting bagia kamu untuk menjaga kesehatan otak.

Sebab jika otak kamu sehat maka tubuh juga akan sehat begitu juga sebaliknya jika otak kamu tidak sehat maka tubuh juga akan tidak sehat. Otak juga memiliki beberapa bagian dimana fungsinya juga berbeda. Karena itu tanpa adanya otak maka manusia tidak dapat hidup dengan normal.

Mengenal Bagian Otak Dan Fungsinya  Yang Haru Diketahui

Otak memiliki bagian yang terbagi 4 macam, dimana setiap bagian memiliki fungsi dalam mengatur tubuh baik dari gerakan, kerja organ, emosi, dan perilaku. Sehingga jika salah satu bagian rusak maka rusak juga cara fungsi kerja di tubuh.

  1. Otak besar

Bagian otak dan fungsinya yang pertama adalah otak besar yang memiliki nama medis ceberum. Otak bagian ini memiliki fungsi yang besar, karena bagian inilah yang membedakan antara otak manusia dan otak binatang. Fungsi otak ini adalah untuk mengingat informasi, berbicara, mengendalikan pikiran, dan untuk berpikir. Untuk mengukur tingkat kecerdasan manusia, maka bagian ini yang diukur kemampuannya.

  1. Otak kecil

Otak kecil atau istilah di dalam medis adalah otak yang berada pada bagian bawah otak besar, tepatnya berada pada area kepala bagian belakang yang berhubungan dengan leher bagian atas. Otak kecil berfungsi untuk mengatur tentang gerakan manusia, jadi keseimbangan tubuh, menggerakkan tangan, menggerakkan kaki, dan semua yang berhubung dengan gerakan diatur oleh otak kecil. Apabila otak kecil rusak, tentunya hidup kamu akan sengsara sebab kamu tidak bisa bergerak karena otak kecil tidak mengkoordinir otot agar dapat bergerak.

  1. Batang otak

Memiliki istilah medis brainsteam, batang otak memiliki fungsi yang tidak kalah penting dari otak besar dan otak kecil. Berada pada leher bagian atas yang terus memanjang hingga sumsum tulang belakang. Batang otak sendiri berfungsi untuk mengatur kerja organ dalam tubuh manusia, seperti denyut jantung, fungsi pernapasan, dan proses kerja ginjal. Karena itu apabila bagian batang otak mengalami cedera maka kamu akan merasakan mati biologis yang biasa disebut dengan mati batang otak. Batang otak juga terbagi dari beberapa bagian yaitu:

  • Otak tengah yang berfungsi sebagai pengatur penglihatan manusia yang menjadi penghubung antara otak besar dan otak kecil
  • Medula oblongota yang berfungsi sebagai pengontrol kerja organ pada manusia yang terletak titik dimulai syaraf hingga tulang belakang yang terus bersambung ke seluruh tubuh.
  • Pons merupakan penerus informasi kepada bagian otak lainnya yang terletak di bawah medula oblongota.
  1. Sistem limbik

Sisitem limbik merupakan bagian otak yang berda di tengah-tengah otak yang merupakan suatu penghubung. Sistem limbik sendiri berhubungan dengan bagian alam bawah sadar manusia, seperti emosi, dorongan seks, merasakan lapar, dan merasakan haus dimana semua sifat ini diatur oleh bagian otak sistem limbik. Jadi dapat dikatakan bahwa sistem limbik merupakan bagian yang mengatur nafsu, kejujuran, serta cinta dan benci pada manusia. Dan inilah bagian otak dan fungsinya.

 

 

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis