May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Perbandingan Fitur HP Samsung Galaxy J7 Prime Vs Oppo F1s

Perkembangan teknologi smartphone yang kini telah semakin melejit memunculkan tipe-tipe baru yang mencoba untuk menggebrak pasaran smartphone dengan fitur-fitur terbarunya. Samsung merupakan salah satu vendor yang menyuguhkan teknologi smartphone yang cukup menggiurkan. Baru-baru ini muncul tipe terbaru yang dikeluarkan oleh vendor samsung yaitu samsung galaxy J7 prime. Fitur HP Samsung Galaxy J7 prime ini dilengkapi dengan layar yang cukup besar dengan ukuran 5,5 inchi dan juga resolusi yang tinggi. Tidak hanya samsung saja, baru-baru ini Oppo pun mengeluarkan tipe smartphone terbarunya yang dinamai Oppo F1s. Oppo f1s ini dilengkapi dengan fitur kamera yang bagus dengan resolusi 16mp kamera depan yang dirancang khusus untuk hasil terbaik dari foto selfie anda. Jika bicara mengenai harga dari kedua smartphone ini, harga HP samsung memang lebih tinggi dibandingkan dengan harga HP Oppo. Jadi, mari kita lihat perbandingan perangkat HP samsung galaxy J7 prime vs HP Oppo f1s.

Spesifikasi Fitur HP Samsung Galaxy S7 Prime Vs Oppo F1s

     Jaringan

Pada samsung galaxy j7 prime ini memiliki jaringan GPRS, EDGE, 3G dan 4G. Selain itu HSDPA 42.2 mbps dan HSUPA 5.76 mbps, LTE Cat 4 150/50 mbps, Dual SIM yang mana tersedia nano SIM dan juga dedicated slot. Untuk jaringan pada Oppo F1s pun tidak jauh berbeda dengan jaringan samsung j7 prime ini, yang membedakan hanya pada LTE nya yang mana memiliki LTE Cat 6 300/50 mbps.

     Dimensi

Dimensi yang ada pada perangkat HP samsung galaxy s7 prime ini 151.5×74.9×8.1 mm, beratnya juga mencapai 167 gram dengan bahan all metal. Namun samsung galaxy j7 prime ini tidak memiliki LED notifikasi. Sedangkan dimensi pada Oppo f1s ini 154.5x76x7.4 mm, beratnya mencapai 160 gram dengan bahan yang juga all metal. Namun pada hp Oppo f1s itu dilengkapi dengan LED notifikasi.

     Layar

Layar pada samsung galaxy s7 prime ini dilengkapi dengan PLS LCD capative dengan lebar mencapai 5.5 inchi, resolusinya 1080 x 1920 pixels dengan tingkat kerapatan 401 ppi, 2.5D screen dan juga dilengkapi corning gorilla glass 4. Sedangkan pada hp Oppo f1s ini memiliki layar IPS LCD capacitive dengan lebar yang sama dengan hp samsung galaxy j7 prime. Untuk resolusinya 720 x 1280 pixels dengan tingkat kerapatan 267 ppi, 2.5D screen dan juga dilengkapi corning gorilla glass 4.

     Software dan Hardware

Untuk samsung galaxy j7 prime ini memiliki OS android v6.0.1 marshmallow, chipset exynos 7870 dengan CPU octa-core 1.6 Ghz, GPU Mali-T830MP2, dan juga dilengkapi RAM 3gb. Sedangkan pada fitur oppo f1s ini dilengkapi dengan OS Android v5.1 lollipop, chipset mediTek MT6750, CPU octa-core 1.5 Ghz, GPU mali-T860MP2 dan juga memiliki RAM sebesar 3gb.

     Kamera

Untuk fitur kamera yang ada pada fitur HP samsung galaxy j7 pro ini memiliki resolusi 13mp untuk kamera belakang dilengkapi autofocus dan juga LED flash. Sedangkan untuk kamera depan memiliki resolusi 8mp. Perekam video pada samsung j7 prime ini 1080@30fps. Untuk fitur kamera yang ada pada Oppo f1s ini kamera depan dengan resolusi 16mp dan kamera belakang 13mp dengan phase detection autofocus. Untuk resolusi video sama dengan resolusi yang dimiliki oleh samsung. Selain itu pada oppo dilengkapi dengan screen flash.

     Memori

Untuk memory pada samsung galaxy j7 prime ini micro SD up to 256gb dan memori internal 32gb. Pada oppo f1s ini juga sama.

     Konektivitas

Konektivitas pada kedua hp terbaru ini dilengkapi dengan wifi 802.11 a/b/g/n, wifi direct, hotspot, GPS-A GPS Support, Bluetooth v 4.1 A2DP, FM radio, Micro USB v2.0, USB OTG.

     Sensor

Pada kedua hp terbaru ini dilengkapi dengan sensor fingerprint, ambient light, accelerometer, proximity, gyroscope, compass.

     Baterai

Pada baterai yang ada pada samsung galaxy j7 prime ini adalah Li-Ion 3300 mAh sedangkan pada hp oppo f1s ini Li-Po 3075 mAh. Pada kedua hp ini juga baterainya non-removable.

Ini merupakan perbandingan spesifikasi fitur HP samsung galaxy j7 prime dengan hp Oppo f1s yang mana keduanya adalah tipe hp terbaru yang dikeluarkan oleh masing-masing vendor. Harga HP Samsung galaxy j7 prime ini memang memilih selisih yang cukup banyak. Sehingga bisa dibilang HP samsung galaxy j7 prime memiliki harga yang relatif lebih mahal. Namun meski begitu, perbandingan fitur dari kedua hp smartphone ini tentu berbeda. Ada beberapa yang sama, namun masing-masing tetap memiliki keunggulannya sendiri. Seperti pada oppo yang menyuguhkan fitur kamera dengan resolusi yang cukup besar untuk bisa digunakan pada penyuka selfie. Sedangkan samsung galaxy j7 prime memiliki dimensi yang lebih unggul daripada Oppo f1s ini. Jadi kamu mau pilih yang mana nih?

Description: Fitur HP samsung galaxy j7 prime dengan HP Oppo f1s ini tentu berbeda. Spesifikasi kedua HP tersebut bisa anda jadikan acuan untuk memilih HP yang tepat.

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis