May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Gejala penyumbatan jantung

Gejala penyakit jantung dengan penyumbatan jantung adalah salah satu hal yang harus diperhatikan karena penyakit jantung harus mengalami pencegahan agar dapat menghindar dari penyakit jantung. Penyumbatan jantung adalah gangguan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner sebab penyakit jantung ini adalah penyakit berbahaya di dunia yang dapat menyebabkan terlalu banyak kasus kasus kematian disebabkan oleh penyakit jantung tersebut. Gejala penyumbatan jantung pada umumnya disebabkan oleh penumpukan plak pada dinding dinding pembuluh darah jantung sehingga kinerja jantung akan berkurang akibat dari penyumbatan pembuluh darah yang bertugas untuk membawa oksigen serta berbagai nutrisi untuk kebutuhan utama semua organ tubuh manusia oleh sebab itulah manusia harus mengetahui berbagai macam dari gejala gejala penyakit jantung seperti gejala penyumbatan jantung.

Plak penyebab penyumbatan jantung pada umumnya terbentuk akibat dari banyaknya kadar kolesterol, lemak, sisa sisa metabolisme , dan bahan pembekuan darah fibrin pada pembuluh darah manusia yang akan terbawa oleh aliran darah sehingga menyumbat bagian organ lainnya seperti pada otak dan dapat menyumbat pembuluh darah sehingga dapat memutuskan aliran darah.

baca juga: kesehatan bagian otak

Beberapa gejala penyumbatan jantung

Seluruh manusia tentu mendambakan tubuh yang sangat sehat sehingga dapat mendapatkan panjang umur oleh karena itulah harus menghindari semua penyakit terutama penyakit penyakit berbahaya seperti penyakit jantung sebab penyakit ini adalah termasuk penyakit berbahaya di dunia terbukti banyak sekali kasus kasus kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung ini. Karena itulah manusia harus mengenali berbagai macam gejala dari penyakit jantung salah satunya adalah gejala penyakit jantung. Berikut beberapa gejala dari penyakit jantung :

  1. Gejala penyumbatan jantung awalnya bisa dimulai dari umur muda sebab plak akan semakin bertambah serta menumpuk pada aliran darah seiring bertambahnya umur manusia sehingga dapat menyumbat pembuluh darah manusia. Jika pembuluh darah tersumbat oleh plak plak zat kolesterol atau lemak maka berdampak pada aliran darah yang tidak bisa mengalir ke seluruh tubuh untuk membawa asupan oksigen serta nutrisi keseluruh organ tubuh. Semua anggota organ tubuh memerlukan oksigen dan nutrisi agar dapat berjalan dengan lancar maka dari itulah peran dari darah sangat penting untuk berlangsungnya kehidupan manusia.
  2. Gejala penyakit jantung yang sangat umum adalah rasa sakit pada bagian dada serta serangan angina pada jantung sebab pada dada akan terasa seperti adanya tekanan berat seperti perih, mati rasa, sesak nafas, dada seperti diremas, dan terasa amat sakit sekali. Rasa sakit tersebut juga dapat menjalar ke bagian tubuh lain seperti bagian tubuh bahu kiri, lengan, leher, rahang, dan punggung. Gejala penyumbatan jantung dapat disertai dengan mual, berkeringat, dan sering terasa kelelahan pada saat melakukan kegiatan kegiatan fisik berat.
  3. Gejala penyumbatan jantung lainnya adalah iskemia atau gangguan aliran darah karena pembuluh darah pada organ tubuh manusia sudah benar benar tersumbat sehingga darah tidak dapat mengalir lagi untuk memberikan asupan nutrisi ke seluruh tubuh. Gejala iskemia dapat terjadi pada saat sedang makan, sedang berolah raga, terlalu antusias dalam sesuatu, serta terpapar suhu dingin dan jika sudah terlalu parah menyerang penderita bisa mengalami gejala iskemia ini pada saat keadaan sehat sekalipun. Oleh karena itulah wajib bagi seluruh manusia untuk mengenali berbagai macam gejala gejala penyumbatan jantung agar terhindar dari salah satu penyakit berbahaya di dunia yakni penyakit jantung.

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis