May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Kisaran Harga Emas Batangan Kecil dan Tips Cerdas untuk Membelinya

Emas batangan merupakan logam mulia yang kini banyak diburu oleh para investor, karena memiliki harga yang stabil dengan purna jual yang tinggi, sehingga sangat cocok digunakan untuk nilai investasi jangka panjang. Tidak hanya diproduksi dalam bentuk bongkahan besar saja, emas batangan pun juga banyak diproduksi dalam bentuk yang kecil dan mini dengan kadar dan berat emas yang juga disesuaikan dengan bentuknya yang mini. Harga emas batangan kecil ini sangat terjangkau, sehingga memungkinkan kalangan menengah ke bawah pun dapat membeli dan menyimpannya sebagai bentuk investasi pribadi. Emas batangan dengan bentuk kecil pun bahkan untuk saat ini banyak dijadikan sebagai perhiasan yang digunakan untuk sebuah mahar dalam pernikahan, karena memang dapat disimpan dan memiliki harga jual yang tinggi, sehingga sangat cocok digunakan sebagai mahar dalam pernikahan.

Meskipun diproduksi dalam bentuk yang kecil, emas batangan kecil juga memiliki kadar kemurnian yang bervarian dari ukuran sedang hingga tinggi. Ukuran kadar emas ini memiliki pengaruh yang cukup kuat pada harga emas tersebut. Semakin tinggi kadar emas yang dimiliki oleh sebuah emas batangan, maka akan berpengaruh pada tingginya harga beli ataupun harga jual emas batangan tersebut. Emas batangan dalam bentuk kecil pun, juga memiliki sertifikat khusus yang memang biasa digunakan untuk proses jual beli didalamnya. Oleh karenanya ketika membeli emas batangan kecil, Anda juga harus memperhatikan sertifikat pembelian emas tersebut.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan ketika membeli emas batangan dalam bentuk kecil, antara lain adalah:

  • Carilah informasi terupdate dari harga emas batangan kecil terlebih dahulu, agar nantinya Anda dapat membeli dalam harga yang berlaku ataupun bahkan lebih murah. Informasi harga emas ini dapat Anda peroleh melalui berbagai media online yang memuat konten harga emas ataupun konten keuangan.
  • Perhatikan bentuk fisik dari emas batangan tersebut, pastikan bahwa permukaan dan bagian lain pada emas tidak terdapat goresan ataupun cacat lainnya. Permukaan emas yang mulus menjadi alternatif pilihan utama dalam pembelian emas, karena nantinya akan mempengaruhi harga jual emas tersebut.
  • Pastikan ketika membeli emas batangan tersebut Anda memperhatikan sertifikat keaslian yang biasanya diberikan sebagai bukti kemurnian emas yang Anda beli. Pastikan bahwa semua data yang tercantum sesuai dengan keadaan emas batangan tersebut.

Emas dengan berat dibawah 50 gram adalah emas yang dikategorikan dalam bentuk emas batangan kecil. Biasanya emas ini akan didistribusikan oleh perusahaan tertentu yang memang menyajikan emas batangan sebagai komoditi utama mereka. Oleh karenanya ada baiknya ketika Anda hendak membeli emas batangan dalam bentuk kecil, Anda juga memperhatikan kredibilitas dari perusahaan yang mengeluarkan, memproduksi dan memasarkan emas tersebut.

Tak ada salahnya jika Anda meminta referensi kepada teman ataupun kerabat yang memang telah berpengalaman dalam hal pembelian emas yang digunakan sebagai nilai investasi. Referensi ini penting untuk Anda dapatkan, agar nantinya Anda dapat melakukan pembelian emas batangan dalam bentuk kecil dengan optimal, sesuai dengan budget yang Anda miliki, tanpa harus bersusah payah mencari perusahaan tempat membeli emas yang tepat.

Harga emas batangan kecil dipasaran sendiri dapat Anda peroleh dengan kisaran harga sekitar 500 ribuan rupiah, harga ini akan terus bertambah tinggi, bergantung pada kadar kemurnian emas yang Anda pilih. Jika Anda memiliki dana berlebih akan lebih disarankan bagi Anda untuk memilih jenis emas batangan berbentuk besar, karena nantinya akan lebih menguntungkan Anda dalam berinvestasi.

 

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis