May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Mengetahui Detail Ornamen Masjid

Umm – Masjid atau mesjid adalah tempat beribadah umat Islam. Akar kata dari masjid adalah sajada yang artinya adalah sujud atau tunduk. Di Indonesia dengan mayoritas peduduknya bergama Islam, membuat bangunan masjid menjadi sangat familier dan banyak dijumpai dimanapun. Bangunan masjid yang berdiri sederhana sampai yang termegah dengan detail ornament masjid yang cantik bisa kita temui. Banyak orang atau kelompok masyarakat yang berlomba-lomba mendirikan masjid yang indah dengan ornamen masjid yang menghiasi dinding, lantai serta langit-langit menjadikannya terlihat megah dan kokoh. Ornamen masjid menjadi salah satu hal penting yang tidak bisa ditinggalkan dalam pembangunan masjid. Semakin berkembangnya jaman dalam era moderenisasi saat ini, banyak arsitek muslim yang berinovasi menciptakan karya design masjid dan ornamennya tetapi tetap menjaga nilai-nilai keislaman.

Beberapa detail Ornamen masjid hampir ditemukan disemua bangunan masjid. Pada dasarnya ajaran agama Islam melarang penggambaran figuratif manusia dan hewan pada detail hiasan atau ornamen masjid. Hal itu mencegah adanya pengkultusan berhala pada obyek figuratif manusia maupun hewan yang terdapat pada ornamen hiasan masjid. Ornamen yang diperbolehkan untuk mendekorasi/menghias sebuah masjid adalah stilasi atau hiasan kaligrafi, ornamen geometris islami, ornament arabesk dan beberapa ornamen yang berbentuk stilasi penggambaran dari bunga/flora, tumbuh-tumbuhan, pageran atau motif kepala tombak/mata tombak, gunungan ukiran segitiga yang berjajar, wajikan dan  bunga teratai dan buah nanas  yang berasal dari bahasa Arab “Annas” yang berarti manusia.

Baca: jual karpet masjid turki

Ornamen kaligrafi Al Qu’ran adalah sebuah seni tulis tangan indah yang berkembang di Negara-negara dengan warisan budaya Islam yang berisi ayat-ayat Al Qu’ran dan sering digunakan menghiasan dinding dan langit-langit pada ornamen masjid. Ornamen geometris islami yang digunakan pada umumnya di adopsi dari seni ornamen zellij maroko yang berbentuk segitiga, persegi, segi enam dan lingkaran. Ornamen arbesk adalah gambar bermotif sulur, dan, cabang atau pohon dengan nuansa modern kontemporer. Detail ornamen masjid yang menghiasi setiap dinding, lantai, langit-langit bahkan hamper seluruh bangunan masjid ini membuat terlihat megah dan indah untuk dilihat.

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis