May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Manfaat sholat dhuha bagi wanita

Manfaat shalat dhuha bagi wanita juga sangat penting karena shalat duha dapat memberikan dampak positif untuk luar maupun dalam wanita atau bisa disebut dengan jasmani rohani perempuan. Shalat duha adalah salah satu shalat yang memiliki hukum sunnah yakni jika dilaksanakan mendapat pahala namun jika tidak dilakukan tidak mendapatkan dosa berbeda dengan shalat yang memiliki hukum wajib sebab jika memiliki hukum wajib maka secara langsung jika meningalkannya akan mendapatkan dosa besar. Shalat duha memiliki waktu pelaksanaannya pada pagi hari yakni pada saat 7 jengkal matahari terbit serta memiliki batas akhir waktu pada saat adzan shalat dzuhur selain waktu itu shalat ini tidak sah untuk dilaksanakan oleh umat islam di seluruh dunia.

Shalat duha memang memiliki banyak manfaat jasmani maupun rohani selain itu shalat duha memiliki fungsi untuk mendekatkan rejeki manusia agar dapat mendekat serta bertambah banyak oleh karena itulah banyak umat muslim yang ingin merubah rejekinya keanyakan rutin melakukan shalat sunnah duha maupaun shalat sunah tahajud pada malam hari. Shalat dua terdiri dari 2 rakaat namun ada beberapa hadis yang menyatakan bahwa shalat duha dapat dilaksanakan dengan menggunakan 2 rakaat, 4 rakaat, 8 rakaat, 12 rakaat meskipun banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk shalat duha tetapi nabi Muhammad SAW hanya menganjurkan minimal menggunakan 2 rakaat untuk shalat duha serta ditambahkan dzikir sebentar serta membaca surat surat pendek.

manfaat sholat dhuha bagi wanita

manfaat shalat duha memang sangatlah banyak terutama untuk kesehatan jasmani pria maupun wanita oleh sebab itulah jika seseorang banyak banayak melaksanakan shalat duha maka tidak aka nada kata rugi untuknya sebab shalat tersebut membawa sejuta manfaat untuk umat muslim. Berikut beberapa manfaat shalat duha untuk wanita :

  1. dapat menyehatkan jasmani orang yang melaksanakan shalat duha setiap hari karena pada dasarnya shalat tesebut mempunyai waktu pelaksanaannya yakni pagi hari sekitar jam 8 pagi sampai siang jam 11 maka sangat baik sekali untuk menyehatkan badan serta otot otot tubuh jika menjalankan shalat duha tersebut dan secara tidak langsung selain menunaikan ibadah manusia tersebut juga berolah raga untuk menyehatkan badannya.
  2. melancarkan peredaran darah manusia terutama wanita

Shalat duha juga dapat bermanfaat untuk melancarkan system peredaran darah pda manusia karena semua pergerakan shalat duha sangatlah lengkap agar dapat melancarkan peredaran darah tubuh. Mulai dari mengangkat kedua tangan, membungkukkan badan, gerakan sujud ketika kepala berada lebih rendah dari pada tubuh sehingga darah akan mengalir ke atas kepala manusia.

  1. menormalkan produksi hormone pada manusia

Selain untuk melancarkan peredaran darah shalat duha juga dapat untuk menormalkan hormone pada tubuh manusia oleh karena itulah selain mendapatkan pahala yang sangat banyak serta mendapatkan lebih banyak rejeki juga shalat duha juga dapat menghadirkan kesehatan bagi tubuh manusia. Jika shalat duha membawa sejuta manfaat bagi manusia maka seharusnya banyak umat yang tidak bisa meninggalkan shalat tersebut dan seharusnya bisa menjalankan shalat ini secara rutin setiap pagi mulai 7 jengkal terbitnya matahari sampai akhir adzan shalat dzuhur.

Demikianlah ulasan artikel mengenai manfaat sholat dhuha bagi wanita semoga dapat bermanfaat bagi seluruh umat manusia terutama kaum wanita yang biasanya sangat mengutamakan kesehatan tubuhnya.

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis