May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Jasa akikah di Umat Islam Tergantung Syariat

Setiap anak yang baru lahir biasa nya di aqiqah.arti akikah sendiri yakni menyembelih binatang merupakan kambing.dan lebih jelas lagi binatang yang di sembelih karena bayi yang baru lahir sembari mencukur rambut anak kecil tersebut.binatang yang digunakan untuk akikah sama dengan prasyarat binatang kurban.setiap anak yang baru lahir memang sepatutnya di akikah,sebagai bentuk rasa syukur kita kepada allah swt yang sudah memberikan keturunan terhadap kita.

Daging aqeqah tidak boleh dipasarkan sebab pada syariat nya daging aqeqah di bagikan.kecuali menyembelih kambing lalu di sedekah kan,kita hendak nya membaca doa untuk akikah. aqiqah jadi gugur ketika telah dewasa.

Menggunakan jasa aqiqah memang bagus, khususnya di daerah tangerang. Anda bisa menggunakan salah satu paket aqiqah tangerang jika berada di lokasi tersebut.

jika ingin menjalankan akikah karenanya buah hati laki-laki dan perempuan berbeda jumlah binatang yang akan disembelih.untuk anak laki-laki lazim nya menyembelih dua ekor kambing,meskipun untuk anak perempuan 1 ekor kambing saja.lazim nya daging aqeqah tersebut boleh dimakan sendiri tetapi tidak boleh lebih dari sepertiga komponen.lalu disedekahkan kepada fakir miskin,atau disedekahkan ke tetangga.

Mengakikahi diri sendiri tidaklah perlu sebab tak ada hadits yang menunjangnya, ditambah aqiqah menjadi tanggung jawab orang tua dan bukan anak. Lihat bahasan sebelumnya: Undang-undang aqeqah Diri Sendiri.

akikah dalam islam aturan nya sunah muakad,ialah betul-betul di anjurkan.tradisi aqeqah ini tidak pernah di tinggalkan oleh rasulullah saw sejak jaman dulu.akikkah adalah tanggung jawab orang tua yang dilaksanakan dengan harta orang tua tersebut,bukan harta dari buah hati.

sebaiknya daging yang disembelih untuk aqiqah hal yang demikian dimasak khususnya dahulu sebelum dibagikan,sebab akan mempermudah progres pembagian.lazim nya daging aqiqah ini dimasak menjadi sate kambing,semur ,dan rendang.melainkan kebanyakan masyarakat kini memasak nya dengan sistem membuat makanan berupa sate.

Kalau Belum Diakikahi Ketika . Dan aqiqah pun simpel, cuma ada penyembelihan kambing dengan niatan aqeqah, itu sudah disebut menunaikan akikah.

Sekiranya mau mengakikahi saat dewasa, maka konsisten jadi tanggungan orang tua. Dilihat apakah saat kelahiran, orang tua jika ingin situasi mampu ataukah tak. Jika tak mampu saat itu, maka tidaklah perlu ada akikah karena akikah tidaklah bersifat memaksa. Seandainya sanggup ketika itu, maka hendaklah orang tua menunaikan aqiqah untuk si kecilnya.

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis