May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Inilah Manfaat Dari Menerapkan Gaya Hidup Sopan Santun Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Perlu kita ketahui bahwa sopan santun merupakan suatu sikap yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari demi proses pembentukan karakter serta akhlak pada setiap orang. Pada dasarnya, kita harus menerapkan sikap ini terhadap situasi dan kondisi apapun. Misalnya dirumah, disekolah, maupun dilingkungan masyarakat intinya dimanapun yang terdapat kegiatan interaksi antar individu.

Ada banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh ketika menerapkan sikap sopan santun ini dalam kehidupan sehari-hari. Seperti misalnya :

  1. Dapat dihargai dihormati dan disenangi banyak orang
  2. Memupuk rasa persaudaraan, antar teman dan orang lain
  3. Dapat membina dan tetap menjaga hubungan baik oleh orang lain
  4. Dapat menumbuhkan rasa kepercayaan kepada orang lain terhadap kita
  5. Menghindarkan dari perselisihan dan pertentangan dengan orang lain
  6. Dipandang sebagai orang yang memilki pribadi baik dan ramah
  7. Menjadikan diri kalian sebagai bukti contoh yang baik bagi orang lain
  8. Imbal balik sikap orang lain terhadap kita juga baik
  9. Dengan sopan santun kita akan terhidar dari bahaya akan gangguan orang lain
  10. Kita akan disukai karena sikap kita yang sopan

Pengembangan sikap sopan santun ini ternyata sangat penting diterapkan, terutama dalam lingkungan dalam bermasyarakat, lingkungan sekolah maupun dalam rumah. Berikut ini beberapa contoh penerapannya :

  1. Jika didalam rumah kita harus mendengarkan saat orang tua berbicara
  2. Disekolah kita wajib menghormati bapak dan ibu guru
  3. Dalam masyarakat menghargai dan menghormati setiap orang yang usianya lebih tua
  4. Meminta izin dan mengucapkan salam ketika ingin pergi dan bertemu orang lain
  5. Menghargai pendapat orang lain

Sikap sopan santun memang sangat perlu untuk dikembangkan, hal ini dikarenakan sopan santun sangat erat kaitannya terhadap nilai dan norma kehidupan sosial dalam bermasyarakat. Norma yang harus dijunjung seperti norma agama, hingga kesusilaan, semuanya perlu untuk menerapkan sikap sopan santun agar bisa saling menghormati dan menghargai. Apabila kalian melanggar norma kesopanan kalian, maka dapat dipastikan jika kalian juga akan melanggar semua norma yang ada. Oleh karena itu, setiap pihak diwajibkan mendorong perilaku kehidupan yang sopan santun, saling menghargai terutama terhadap orang tua maupun teman sebaya agar bisa menjadi contoh pembelajaran terhadap generasi bangsa selanjutnya

Banyak sekali contoh perilaku kesopanan yang harus kalian pelajari, karena nilai kesopanan setiap daerah ataupun setiap negara pasti akan memilikli perbedaan tertentu. Jika dinegara kita dianggap sopan namun bisa jadi dinegara orang lain apa yang kita lakukan tersebut dianggap tidak sopan.

Misalnya di Jepang, terdapat kebiasaan untuk membuka sepatu sebelum masuk kedalam rumah, dinegara lain hal itu justru dianggap tidak sopan. Kita sebagai orang yang memiliki agama tentu memiliki akhlak yang jauh lebih baik daripada yang tidak, membiasakan sikap tersebut mulai dari dini merupakan suatu bentuk aspirasi terhadap diri sendiri dan akan berpengaruh dalam unsur kehidupan bersosialisasi sehari-hari. 

Maka dari itu, gaya hidup sopan santun ini sangat penting untuk diterapkan, terutama dalam bermasyarakat, karena sikap ini sangat erat kaitannya terhadap cara bersosialisasi kalian dalam masyarakat nantinya. Jika terdapat orang yang melakukan pelanggaran terhadap norma kesopanan, maka orang tersebut akan mendapat sanksi dari masyarakat, misalnya berupa cemoohan, hingga dikucilkan dari masyarakat sekitar. Oleh karena itu, setiap manusia wajib untuk mendukung perilaku gaya hidup sopan santun, saling menghargai, dan saling menghormati agar semua bangsa nantinya akan memiliki akhlak dan perilaku yang baik.

source: infia.co

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis