May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Cara Meningkatkan Loading Blog Pada WordPress Self Hosting Naik Hingga 70%


Menggunakan layanan web hosting terbaik adalah kunci untuk memiliki blog dengan kecepatan akses yang baik, namun demikian Anda juga bisa mengelola blog Anda menjadi sedemikian cepat meskipun hanya berbekal layanan web hosting pas-pasan. Lebih lanjut tentang cara setting blog WordPress self hosting agar loadingnya cepat akan kita bahas secara lebih luas pada artikel kode promosi niagahoster ini.

Kecepatan waktu muat blog self hosting ditentukan oleh banyak faktor, dan tidak semata-mata hanya mengacu pada kualitas hosting yang Anda gunakan. Secara keseluruhan, kualitas hosting memang menjadi faktor penentu utama, namun demikian sejumlah faktor lain juga ikut memberi andil dibalik cepat-lambatnya blog Anda, seperti template, javascript, widget, dan lainnya.

Jika Anda notabene seorang blogger aktif, pastinya Anda sudah memahami bahwa loading blog itu sangat berpengaruh terhadap implementasi SEO secara keseluruhan. Google pernah menyampaikan, untuk mendapatkan hasil pemeringkatan yang baik mesin pencari raksasa itu menggunakan lebih dari 200 indikator, dimana salah satunya adalah merujuk pada tingkat kecepatan muat blog bersangkutan.

Dengan wacana tersebut diatas, maka sudah barang tentu bahwa kecepatan waktu muat adalah salah satu poin terpenting yang harus kita prioritaskan. Tidak semata-mata hanya untuk mendapatkan peringkat yang baik di SERPs, tetapi hal ini juga demi memberikan rasa kenyamanan terhadap para pengunjung blog yang Anda kelola. Blog berkualitas adalah blog yang memiliki engagement cukup baik, dan engagement dibangun berdasarkan tingkat kepuasan visitor saat mengakses blog kita.

Setelah selesai membuat blog yang disusul dengan postingan demi postingan, pekerjaan selanjutnya yang tidak kalah pentingya adalah memastikan loading blog kita tidak mengalami masalah alias lambat. Berdasarkan pencermatan kami, loading lambat tidak hanya berimbas pada hasil pemeringkatan, loading lambat juga berpotensi menyebabkan postingan baru sulit di index atau membutuhkan waktu yang relatif lama. Bayangkan jika blog Anda mengusung tema rending, tentunya hal ini sebuah kerugian.

Bagi Anda para pengguna CMS WordPress, berikut beberapa tips untuk meningkatkan kecepatan loading blog Anda secara signifikan hingga 70 persen:

  • Pilih web hosting yang teroptimasi untuk WordPress

Seperti dijelaskan diatas, bahwa salah satu faktor pemicu utama dibalik lambatnya loading blog WordPress self hosted adalah mutu web hosting yang kita gunakan. Jika memungkinkan, beralihlah ke layanan web hosting yang memang dioptimasi untuk CMS WordPress. 

  • Gunakan template ringan

Ada banyak penyedia template yang dapat Anda gunakan secara gratis, namun pastikan Anda hanya memilih template yang benar-benar ringan. Jangan percaya begitu saja dengan deskripsi yang ditulis oleh designer template tersebut. Sebelum menginstall template tersebut, sebaiknya Anda lakukan pengecekan menggunakan tool tertentu seperti Google Page Speed Insights.

  • Hindari menggunakan plugin berat

Salah satu kemudahan yang bisa dinikmati oleh pengelola blog berbasis WordPress self hosting adalah ketersediaan plugin yang begitu banyak. Plugin-plugin tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan fitur serta kuantitas SEO blog bersangkutan, namun instalasi plugin dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan loading blog menjadi lambat sehingga penggunaan plugin perlu diminimalisir dengan hanya menggunakan plugin yang memang dirasa sangat perlu saja.

Untuk megidentifikasi plugin-plugin yang Anda install, silakan analisa plugin-plugin tersebut dengan menginstal plugin P3 (Plugin Performance Profiler). Plugin P3 (Plugin Performance Profiler) ini akan menganalisa sejumlah aspek yang menjadi pemicu lambatnya loading blog Anda, termasuk daftar plugin yang Anda gunakan.

  • Minimalisir penggunaan javascript

Bukan rahasia lagi kalau javascript memberi sumbangsih besar terhadap lambatnya loading suatu blog. Guna memastikan blog Anda tidak ‘terjerat’ oleh javascript, pastikan Anda hanya menggunakan javascript ini pada untuk kebutuhan yang prioritas. Silakan hilangkan fungsi-fungsi tertentu yang tidak terlalu penting sehingga penggunaan javascript di blog Anda dapat diminimalisir.

kodepromosi.co.id

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis