May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Jaga Kesehatan Mulut Dan Gigi Kalian Agar Terhindar Dari Beberbagi Penyakit Akibat Menumpuknya Bakteri

Screenshot_3.png

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan gigi anak-anak adalah dengan mulai merawat gigi dan kesehatan mulut mereka sejak usia dini. Ibu bis ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membantu menjaga kondisi mulut dan giginya, agar senyum indahnya tetap terkembang selamanya. Mulut merupakan pangkal dari sistem pencernaan anak dan kita orang tua.

Oleh sebab itu, sudah seharusnya kalau mulut dirawat dengan baik agar selalu sehat selamanya, terutama pada gigi yang adalah sumber makanan masuk tubuh. Kalau gigi kita dan anak kuat serta sehat, maka makanan dapat dikunyah dengan sangat baik sebelum masuk ke sistem pencernaan dan nutrisi makanan dapat terserap dengan baik oleh tubuh. Berikut ulasannya buat kalian semua:

  • Waspada Terhadap Bau Mulut

Bau mulut pada anak bisa juga merupakan tanda-tanda dari beberapa gangguan, misalnya karena infeksi sinus. Sebagai tanda lain dari sinus adalah sering pilek dan biasanya cukup lama, adanya lendir kuning saat mengeluarkan ingus, mudah lelah, dan juga sering batuk.

Diperlukan pemeriksaan dokter lebih lanjut buat mengatasi masalah sinus ini. selain itu, bau mulut juga bisa disebabkan dari amandel yang membesar, mulut kering, juga naiknya asam lambung ke tenggorokan. Periksakan selalu kecil ke dokter untuk mengetahui apakah kondisi bau mulutnya memerlukan pengobatan lebih lanjut.

  • Gosok Gigi Selalu

Dengan menyikat gigi adalah hal penting yang perlu dipelajari oleh anak. Selalu biasakan mereka untuk menyikat gigi setiap habis makan dan menjelang tidur dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Untuk supaya anak yang lebih besar, bunda juga bisa mengajarkan penggunaan obat kumur untuk membantu agar nafasnya juga lebih segar. Namun jangan lupa hati-hati, biasanya obat kumur tidak disarankan untuk ditelan anak.

  • Rajin Memeriksakan Gigi Ke Dokter

Anak juga perlu diajarkan untuk mengenal dokter gigi sedini mungkin. Perawatan serta pencegahan yang dilakukan sejak awal pada, akan dapat membantu menghemat uang untuk pengobatan gigi dalam jangka panjang. Kunjungi dokter gigi sekurang kurangnya 5 bulan sekali untuk membersihkan karang gigi atau memeriksa adanya gigi yang berlubang.

  • Cegah Kerusakan Gigi Berlanjut

Jangan membiasakan seorang anak untuk tidur sambil minum jus atau susu. Cairan manis yang melekat pada gigi anak, rentan menimbulkan bakteri yang juga dapat menyebabkan kerusakan gigi. Batasi minuman manis serta bersoda, atau mungkin berikan jus buah yang terbuat dari buah asli tanpa tambahan gula.

  • Bersihkan Mulut Secara Menyeluruh Setiap Hari

Jangan hanya menyikat gigi pada bagian depan, tapi juga pada bagian samping sampai ke belakang. Tak hanya gigi, lidah juga sebaiknya disikat untuk busa menghilangkan bakteri di permukaannya. Agar anak tak bingung, maka bunda bisa memberi contoh bagaimana cara menyikat bagian-bagian gigi dan lidah yang benar sehingga jadi si kecil bisa menirunya.

  • Menyikat Gigi Secara Rutin Sebelum Bobok

Biasanya dilakukan 2 sampai dengan 3 menit setelah sarapan dan sebelum tidur. Kalau memungkinkan, anak juga bisa menyikat gigi setelah makan siang atau setelah makan makanan yang manis. Namun kalau tidak memungkinkan, minta anak berkumur untuk membersihkan mulutnya dari sisa makanan yang ada.

  • Jaga Pola Makan Sehat         

Beri edukasi kepada anak tentang makanan atau minuman yang dapat menyehatkan gigi serta yang dapat merusaknya, kemudian terapkan dalam sehari-hari. Sebagai contoh minum susu yang mengandung kalsium yang dapat membantu menguatkan dan memperbaiki kondisi gigi. Dengan demikian gigi anak akan menjadi lebih kuat dan terjaga kesehatannnya dari ancaman gigi berlubang yang sangat mengerikan itu.

cream bopeng

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis