May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Gaji 3 Jutaan, Bagaimana Cara Mengaturnya?

Gaji yang terbatas bukanlah penghalang untuk dapat menikmati kualitas hidup yang lebih baik. Hal yang terpenting adalah Anda mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan yang tepat setiap bulannya.

Jika Anda memiliki gaji 3 jutaan perbulan, sebenarnya Anda masih mungkin menyisihkan uang untuk ditabung menggunakan uang tersebut. Bagaimana caranya? Berikut langkah mudahnya.

Menetapkan skala prioritas

Dalam merencanakan keuangan, sebaiknya Anda tetapkan pengeluaran apa saja yang sekiranya memang tidak dapat dihindari dalam sebulan. Oleh karena itu, buatlah list yang berisi daftar keinginan dan kebutuhan. Kebutuhan yang tidak dapat ditunda misalnya tagihan bulanan seperti listrik, air, pulsa, kebutuhan transportasi hingga makan. Buat prakiraan dana yang dibutuhkan untuk sumber-sumber pengeluaran ini.

Sementara keinginan, artinya kondisinya sedang tidak mendesak dan masih bisa ditunda. Sebaiknya Anda menghindari hal yang bisa memancing Anda untuk memenuhi keinginan tersebut. Misalnya, dengan tidak sering berkunjung ke pusat perbelanjaan yang menawarkan barang yang Anda inginkan.

Langsung menyisihkan uang untuk ditabung setelah memperoleh gaji

Jangan menunda-nunda untuk menyisihkan uang untuk ditabung tepat setelah gajian. Menunda-nunda menabung justru membuat uang yang awalnya ingin disisihkan justru terpakai untuk hal yang tidak jelas. Akan lebih baik jika Anda menabung sejak awal bulan. Jangan tunggu ada sisa di akhir bulan. Jika menunggu sisa, kebanyakan orang justru berakhir tidak menabung sama sekali.

Sebaiknya, langsung sisihkan uang dan tabung di Bank ataupun melalui cara apapun yang Anda senangi. Sebaiknya, Anda juga menetapkan jumlah nominal wajib yang harus Anda tabung setiap bulannya. Syukur-syukur jika nominal wajib ini terlampaui sehingga Anda bisa menabung lebih banyak.

Membawa uang secukupnya setiap kali keluar rumah

Jangan bawa semua uang yang Anda miliki sekali pergi. Sebaiknya, bawa saja yang sekiranya dibutuhkan. Dengan membawa semua uang yang Anda miliki setiap kali pergi, hal ini justru membuat Anda bisa khilaf ketika melihat barang yang Anda inginkan selama di perjalanan.

Jika Anda akan pergi ke kantor, bawalah sekiranya uang yang cukup untuk makan siang, uang transportasi ataupun uang mendesak dan tidak terduga. Anda tentu bisa mengira-ngira berapa uang yang mungkin diperlukan jika ada kebutuhan mendesak.

Sebaiknya ada simpanan uang Anda di Bank, sehingga apabila ada keperluan mendesak seperti ban motor bocor atau kerusakan lain di perjalanan, Anda cukup pergi ke ATM dan mengambil uang yang diperlukan.

Tuliskan pengeluaran Anda setiap hari dalam buku catatan

Untuk dapat merencanakan keuangan lebih baik, Anda sebaiknya membuat buku catatan khusus untuk menuliskan daftar pengeluaran setiap harinya. Tuliskan pengeluaran sesedikit apapun itu. Dengan adanya buku ini, diharapkan Anda lebih mampu untuk mengoreksi diri dan memperbaiki diri ke depannya.

Ketika Anda melihat ulang kembali pengeluaran harian Anda setiap harinya, maka Anda mungkin bisa lebih mudah menyadari pengeluaran apa saja yang sebenarnya tidak perlu namun Anda lakukan. Dengan begitu, diharapkan Anda dapat melakukan kontrol keuangan yang lebih baik lagi ke depannya.

Mengikutkan diri dalam asuransi

Mungkin ikut asuransi bagi Anda yang memiliki gaji terbatas seolah justru membuat pengeluaran semakin membengkak. Padahal, dengan mengikutkan diri dalam asuransi sebenarnya Anda justru akan memperoleh manfaat yang lebih banyak. Misal jika Anda ikut asuransi kesehatan, maka ketika sewaktu-waktu Anda sakit maka Anda tidak perlu pusing mengenai pembiayaan.

Saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang menyediakan layanan asuransi kesehatan maupun jiwa. Namun, masih banyak dari Anda yang mungkin belum familiar dengan program yang ditawarkan.

Sekarang tidak perlu bingung lagi, karena kini telah hadir Lifepal.co.id. Lifepal merupakan wadah yang menghimpun banyak layanan asuransi dari perusahaan asuransi terbaik di negeri ini. Anda hanya perlu membuka website Lifepal dan cari asuransi yang Anda rasa paling tepat untuk Anda.

Lewat Lifepal, Anda juga bisa mencari informasi asuransi tepercaya yang bisa menjadi masukan. Sebab, Lifepal turut mengedukasi tentang asuransi kepada masyarakat.

Tidak cukup hanya dengan membuat daftar pengeluaran setiap bulannya. Langkah paling penting untuk memulainya adalah dengan mematuhi daftar yang telah Anda buat sendiri. Sebaiknya Anda juga membuat proyeksi jangka panjang akan keuangan Anda di masa mendatang. Sehingga Anda bisa mempersiapkan sejak dini agar bisa mendapatkan hasil terbaik bagi masa depan Anda.

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis