May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Ini Dia Tips Ampuh Untuk Mengatasi Murid Atau Anak Yang Susah Belajar

Murid dapat susah sekali untuk belajar saat ia selalu disibukkan dengan hal lain tiap kali guru memberikan materi pembelajaran.

Saat murid ditanya mengenai pelajaran tersebut, ternyata dia tidak tau materi yang dikatakan tadi. Mengatasi murid yang sulit untuk belajar dapat dimulai dengan melatih konsentrasi sampai pada memahami faktor yang membuat sulitnya fokus belajar anak didik Anda.

Salah satu alasan murid susah untuk fokus belajar adalah ada hal lain yang menurut dia lebih seru dari pada pelajaran. Inilah yang disebut sebagai stimulus.

Faktanya, anak-anak bisa lebih suka berlama-lama bermain games atau menonton video daripada harus menerima pelajaran selama berjam-jam. Ini dikarenakan games bisa menyuplai zat kimiawi otak yang berfungsi untuk mengatur fokus. Lalu, bagaimana cara mengatasi murid yang susah fokus belajar? Cermati saja beberapa tips di bawah ini.

  • Berikan waktu istirahat saat sedang belajar

Selain faktor luar (misalnya pada : teman sekelas), pemicu murid sulit fokus belajar adalah faktor internal, yaitu dirinya sendiri. Ini terjadi saat si murid sangat gampang teralihkan oleh pikirannya sendiri.

Misalnya saat murid menerima pelajaran dari guru, tiba-tiba terpikir hal lain sehingga langsung bergerak menuju hal yang sudah dipikirkan tadi itu. Tentu hal ini juga mengganggu proses belajarnya pada pelajaran yang diberikan.

Jangan biarkan murid Anda berhubungan pada satu tugas dalam waktu yang lama karena akan membuatnya cepat jenuh dan lelah. Anda perlu memilah tugas-tugas ke beberapa bagian. Beri mereka waktu istirahat sejenak setelah menyelesaikan satu tugas. Anda dapat memperdengarkan musik yang santai  atau video yang dapat menjadikan mereka rileks lebih lama.

  • Coba saling sharing dengan orang tua murid

Jika Anda seorang guru, penting bagi Anda untuk selalu berkomunikasi baik dengan orang tua murid. Ceritakan semua masalah yang Anda hadapi saat mengajari anaknya tersebut. Hubungan yang bagus antara guru dengan orang tua juga berefek baik bagi murid.

Jika orang tua tau akan permasalahan anaknya di sekolah, maka mereka akan ikut bertindak mengurangi permasalahan tersebut. Bagaimanapun, peran orang tua saat mengatasi murid yang sulit fokus belajar selalu yang paling utama.

  • Terapkan beberapa pendekatan untuk murid

Dalam proses pendekatan ini, tanyakan pada murid tentang apa saja hal yang membuatnya sulit fokus belajar. Hindari menanyakan mengapa ia tidak bisa bokus, namun tanyakan tentang apa yang membuatnya mau mengerjakan tugas sampai selesai.

Dengan tau akan stimulusnya, Anda dapat mencari aktivitas lain yang lebih menarik perhatian murid tersebut. Lakukan kegiatan tersebut sambil mengamati perkembangan tingkat konsentrasi murid Anda.

Dalam fase ini, Anda juga daapt membuat keyakinan bahwa murid mampu untuk menyelesaikan tugasnya. Tanamkan pada pikirannya mengenai rasa percaya diri.

Saat seorang murid punya rasa percaya diri, maka konsentrasinya juga akan naik secara garis garis besar. Dia akan merasa dapat untuk tau materi pembelajaran sehingga dia dapat fokus menyelesaikan tugas dengan baik. Bahkan rasa percaya diri juga salah satu faktor kunci dalam kesuksesan murid.

  • Pakailah beberapa alat pembelajaran yang unik

Ada berbagai macam media pembelajaran seru yang bisa membuat murid Anda suka untuk belajar. Sebagian anak-anak akan gemar belajar dengan games atau video. Anda dapat download berbagai macam video pembelajaran sesuai topik yang akan Anda bicarakan serta menyampaikannya ke murid.

Selain itu, Anda dapat mengkreasikan isi dari pembelajaran menjadi sebuah permainan yang menarik. Mungkin awalnya sedikit susah untuk memberi mereka ide mengenai permainannya.

Akan tetapi, jika para murid sudah tau akan jalannya permainan, maka pembelajaran akan berjalan sangat efektif. Pastikan level kesusahan permainan yang Anda pakai sesuai dengan level pendidikan yang ada pada murid.

http://159.65.63.172/

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis