May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Berbagai Kelebihan Serta Keuntungan Dengan Menyandang S2 Dalam Kehidupan Dimasa Yang Akan Datang

Screenshot_5.png

Untuk  kamu yang haus dengan pendidikan setelah menyandang sarjana tentu akan melanjutkan studi ketingkat yang lebih tinggi. Dalam memperoleh gelar master saat ini juga bisa dikatakan tuntutan karier pada beberapa perusahaan. Namun, tak sedikit orang enggan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi sebab sejumah faktor dan salah satunya masalah biaya.

Padahal tak sedikit jalan untuk kuliah pascasarjana saat ini, seperti dengan mengajukan beasiswa pada pemerintah, lembaga pendidikan, atau bahkan perusahaan swasta yang mempunyai program beasiswa. Dan dibawah ini beberapa keuntungan serta kelebihan kalau kamu menyelesaikan S2:

  • Memiliki Nilai Lebih Dari Yang Lain

Pada saat kamu sudah mendapat gelar master, kepercayaan diri kalian juga akan ikut meningkat. Rasanya puas bisa menyudahi dua tahun kuliah, apalagi pada perguruan tinggi top dunia. Pada saat melamar pekerjaan maka perusahaan pasti akan lebih memandang kalian daripada yang lain.

Selain itu juga pasti akan memiliki ekspektasi yang lebih tinggi terhadap kamu. Kamu juga akan menyandang nilai tambah pada mata perusahaan dan image pada lingkungan sekitar sebab ilmu kamu yang dianggap lebih tinggi.

  • Peluang Karier Menjadi Lebih Tinggi

Setelah pendidikan seseorang meningkat, maka kesempatan bagi orang itu untuk menambah karier semakin luas. Saat penyandang sarjana, hanya sebagai staf. Maka dengan menyelesaikan kuliah S2, kalian akan dipromosikan menjadi manajer atau mungkin head of.

Pastinya dengan gelar yang kalian meiliki juga akan dilihat dari pengalaman dan performamu selama bekerja. Bila sudah naik jabatan maka pendapatan juga akan ikut dengan gaji pun ikut naik secara berkelanjutan.

  • Lebih Banyak Dicari Perusahaan

Dulu ijazah S1 sangat dihargai dalam mencari pekerjaan, namun sekarang mungkin tidak lagi sebab anyak perusahaan yang sekarang ini malah mencari para lulusan S2. Kemampuan serta wawasan lulusan pascasarjana dianggap telah lebih tinggi, sehingga diharapkan mampu  memenuhi standar perusahaan dalam mencari karyawan.

  • Lebih Berpotensi

Pada waktu S1 tak jarang yang dipelajari adalah teori serta tak sedikit pula di kelas daripada praktik lapangan. Paling sering berupa praktik mulai semester lima atau enam. Kemudian magang pada semester tujuh atau delapan.

Waktu kuliah yang singkat selama dua tahun akan habis tak berguna kalau hanya teori saja. Oleh sebab itu, program pascasarjana lebih mengacu pada para mahasiswa untuk lebih banyak dilapangan.

Meneliti, menganalisa, melakukan riset, mencari solusi atas sebuah masalah, dan kemampuan lain yang mengacu pada praktik adalah makanan sehari hari S2. Dengan demikian. Ilmu yang didapat selama studi S2 bisa diterapkan dalam dunia kerja maupun kehidupan nyata.

  • Langkah Awal S3

Sesuai dengan tingkatan yang ada kalau kamu telah menyelesaikan S2 maka kamu juga bisa melanjutkan pendidikan ketingkat S3. Kuliah pun juga  bisa dilakukan dalam maupun luar negeri. Selain itu potensi untuk S3 ini akan sangat berguna untuk kehidupan yang akan datang dalam pekerjaan dan bermasyarakat.

  • Bekerja Di Luar Negeri Jadi Lebih Mudah

Dengan menyandang ijazah S2, kalian juga bisa berkarier di luar negeri. Tentu saja sangat bagus untuk meningkatkan CV pengalaman kamu. Bekerja di negeri orang, menjadikan kesempatan sebuah gaji lebih besar. Kemampuan bahasa asing kalian juga terasah dengan baik, menambah relasi serta belajar budaya baru.

Kalau sudah memiliki pengalaman cukup, kinerja bagus, maka juga akan bisa diambil paksa perusahaan lain atau relasimu hasil pertandingan sepak bola dengan tawaran gaji lebih tinggi. Karier makin meroket, dan pasti kalian akan bangga bila bisa bekerja pada perusahaan asing besar yang ada diluar negeri.

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis