May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Pahami Tips Ampuh Dan Kreatif Untuk Membagi Beberapa Ruangan Yang Sempit Pada Rumah

Ruang huni yang luas memang sangat elegan sekali. Enak untuk dihuni, asyik juga untuk beraktifitas. Namun begitu, khususnya yang ada di area urban, memperoleh lahan yang cukup lapang dan affordable tidak gampang.

Rumah kecil atau apartemen lalu menjadi pilihan. Namun ada tantangan saat menyikapi pengadaan ruangannya. Karena luasan ruangan yang ada mungkin tidak dapat memenuhi setiap kebutuhan serta kegiatan padat Anda.

Anda dapat membuat alokasi ruangan dengan membaginya menjadi beberapa zona menurut keperluannya. Tentu saja Anda dapat mengatasi hal tersebut. Ruang terbatas bisa tampak lapang dengan cara pembagian yang pas. Di bawah ini adalah beberapa inspirasi menata serta membagi ruangan yang kecil agar tampak fungsional, lega, dan elegan.

  • Menggunakan Jenis Rak Buku Kustom Sebagai Partisi Serta Aksen Pada Ruangan

Gorden mungkin cara paling mudah untuk membagi ruangan di ruang sempit. Namun Anda juga dapat memakai rak buku. Selain fungsional, rak buku sebagai bisa menjadi pembagi ruang yang praktis dan tidak mudah jenuh. Lebih menarik jika Anda membuatnya dengan kustom, sehingga sesuai dengan luasan ruangan serta selera Anda.

  • Terdapat Beberapa Sudut Yang Nyaman Untuk Membaca

Satu bagian rumah yang sering disepelekan  begitu saja adalah sudut ruangan. Pojokan. Untuk mengingatkannya kembali, dan juga dapat menggunakannya sebagai satu spot yang sangat asyik.

  • Menggunakan Semi Partition Sebagai Pemisah Living Room Serta Ruang Kerja

Untuk memberi kesan luas bagi ruangan Anda dengan semi partition (semi partisi). Pada teknik ini, tembok marmer rendah memisahkan ruang keluarga dengan ruang kerja. Tembok juga digunakan sebagai tempat untuk memasang TV layar datar, yang memberi aksen serta kehangatan pada tembok marmer yang terlihat sangat kaku.

  • Memanfaatkan Material Dinding Kaca Agar Terlihat Lebih Lapang Dan Elegan

Lapang itu jika tidak terdapat penghalang dingdong togel. Untuk memperoleh kesan tersebut, Anda dapat memakai jenis dinding kaca. Dan dinding kaca tidak harus berupa lembaran kaku. Jika menggunakan jenis material seperti ini, Anda mendapatkan partisi kaca melengkung, yang tentunya dapat ditutup dengan tirai (alurnya mengikuti kontur lekukan kaca). Anda juga dapat memakainya sebagai ruang kerja atau kamar tidur yang mewah.

  • Gunakan Partisi Multifungsi Dengan Paduan Wardrobe

Anda dapat membagi ruangan dengan partisi multifungsi akan terlihat jauh lebih luas dan rapi. Misalnya saja pada lemari pakaian (wardrobe) ukuran besar yang juga digunakan sebagai partisi untuk membagi ruang tidur dengan ruang lainnya. Jadi, Anda tidak hanya memperoleh partisi, namun juga wardrobe bagi kesayangan Anda.

  • Memanfaatkan Area Loteng Cerah Dengan Pembagian Ruangan Yang Mudah

Anda dapat menambah beberapa ruang dengan memanfaatkan loteng rumah. Untuk pembagiannya, coba saja teknik ini. Tiang struktur, karpet, dan lerengan atap dapat menjadi penanda pembagian ruang yang sederhana namun elegan.

  • Menggunakan Teknik Ruang Udara Vertikal

Anda dapat membagi space secara vertikal untuk menyiasati keterbatasan ruang. Anda dapat menggunakan beberapa  ruang udara vertikal (vertical air space), seperti terknik ini. Rancangan rumah dengan teknik ini tentu memanfaatkan space ruangan yang ada . Di bawah bed ada terdapat ruang kerja dan dapur. Konstruksi kayu minimalis membuat semuanya terlihat sangat rapi, lega, serta manis.

  • Gunakan Semua Ruang Vertikal Untuk Ruangan Yang Lebih Efektif

Anda dapat memaksimalkan kapasitas hunian Anda dengan menggunakan bagian ruang vertikal rumah, seperti dinding. Anda dapat juga menambahkan rak atau sejenisnya yang juga serbaguna. Ilustrasi ini adalah jenis rak kayu oak dari Bolia. Tampak sangat sederhana dan simpel, namun sangat fungsional serta mengisi dinding hunian Anda dengan mudah.

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis