May Hastuti Lubis

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Mungkin Bagi Yang Kuliah Sembari Kerja Tak Punya Waktu Khusus Belajar Simak Ulasan Berikut

Screenshot_3.png

Tidak bisa disangkal bahwa tidak semua mahasiswa hanya memiliki aktivitas kuliah-pulang-kuliah-pulang alias mahasiswa kupu-kupu. Bahkan, terdapat juga jurusan yang mengharuskan mahasiswanya untuk terus menerusbelajar disamping mengerjakan segudang tugas serta laporan praktikum.

Tugas tambahan diluar tugas kuliah bagaikan sebuah menu makan rutin setiap hari, sehingga mau tidak mau harus tetap dikerjakan. Sebagai contoh sederhana saja mahasiswa dari jurusan kedokteran, jurusan teknik, atau jurusan keperawatan pasti telah akrab dengan jam tidur malam serta mata yang berkantung. Untuk itu simak ulasan universitas swasta terbaik berikut sebagai solusinya:

  • Meningkatkan Kecepatan Membaca Dengan Sering Berlatih

Tidak bisa disangkal bahwa kecepatan membaca akan sangat mempengaruhimu dalam belajar. Jika kamu mudah lelah pada saat mempelajari sesuatu hanya karena waktu membacamu yang terlalu lama, maka kalian juga perlu meningkatkan kecepatan membaca.

Beberapa cara sederhana yang dapat mamikos berikan adalah jangan membaca kata per kata dalam tulisan karena hal tersebut hanya akan membuatmu cepat lelah. Bacalah satu kalimat langsung yang nantinya diambil inti pembicaraannya.

Kalian juga perlu berlatih untuk tidak membaca sambil ngomong. Membaca sambil menggerak-gerakkan bibir atau menunjuk tulisan hanya akan membuat kalian semakin lama beranjak dari satu kalimat ke kalimat yang lain.

Sebaiknya kalian hanya menggerakkan mata pada pada saat membaca agar waktu yang dihabiskan menjadi lebih singkat. Teknik yang diterapkan untuk membaca cepat pada sebuah pengulasan atau jurnal akan sangat membantumu dalam mengerjakan tugas kuliah.

  • Mereview Materi Menggunakan Caramu Yang Paling Disukai

Pada umumnya sebuah materi kuliah yang tidak dibaca atau dipelajari lagi akan cenderung mudah dilupakan, sehingga kalian perlu lebih disiplin untuk mengulang materi-materi yang sudah diajarkan tersebut. Salah satu cara untuk dapat mengingat materi adalah dengan membuat rangkuman materi atau hal penting sekali dari materi kuliah menggunakan catatan kecil bergambar atau menggunakan kartu.

Selain lebih gampang dihafal, kamu juga bisa membawa catatan tersebut kemana-mana. Semakin menarik catatan yang kamu buat, semangat untuk belajar pun juga akan menjadi semakin lebih tinggi dan kamu bisa belajar tanpa meras terbebani dengan materi yang sulit. Membaca sambil beberapa gerakkan bibir atau menunjuk tulisan hanya akan membuatmu semakin lama beranjak dari satu kalimat ke kalimat yang lain.

Sebaiknya kalian hanya menggerakkan mata pada saat membaca supaya juga waktu yang dihabiskan menjadi lebih singkat. Teknik yang diterapkan untuk membaca cepat pada sebuah artikel atau jurnal akan begitu membantumu dalam mengerjakan tugas kuliah. Tentunya kecepatan membaca yang stabil akan menjadi semakin terasah kalau kamu sering berlatih.

  • Tidak Merasa Aneh Kalau Harus Menyendiri Untuk Ambil Waktu Belajar

Kesibukan organisasi, seperti rapat, pertemuan dengan mahasiswa, sampai dengan pertemuan penting untuk membahas event kampus adalah hal yang tidak bisa disingkirkan mahasiswa sibuk. Lalu bagaimana cara belajar di tengah kesibukan tersebut? Jika kamu sedang berkumpul bersama teman-teman, terkadang kalian merasa tidak enak jika harus menyendiri atau berpisah sejenak.

Hilangkan sifat tidak enak tersebut sebab kalian juga perlu memprioritaskan deadline tugas atau deadline ujian yang perlu dijalani. Tidak ada salahnya ‘mencuri’ waktu sebelum rapat bersama teman-teman dengan menyendiri sejenak supaya juga bisa mereview materi, sehingga ketika rapat dimulai kamu tetap bisa fokus.

Sebalum rapat atau kegiatan inti dimulai, hindarilah beberapa topik percakapan tidak penting. Sebaliknya, gunakan waktu tersebut dengan mengulang materi karena waktu yang terlewat tidak bisa kembali lagi. Mintalah izin dengan sopan pada beberapa teman, pasti mereka bisa mengerti kesibukan dan kewajibanmu asalkan kamu profesional dan tidak meneruskan belajar pada saat rapat atau kegiatan inti sudah dimulai.

Add A Comment

© 2008 May Hastuti Lubis